REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL KINANTHI TERLAHIR KEMBALI KARYA TASARO GK DALAM PENGAJARAN SASTRA
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v9i1.81Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan representasi nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Kinanti Terlahir Kembali  Karya Tasaro GK, (2) mendeskripsikan implikasi nilai pendidikan karakter dalam novel Kinanti Terlahir Kembali karya Tasaro GK bagi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kutipan teks yang menggambarkan representsi nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel dan implikasi bagi peserta didik. Sumber data penelitian ini adalah novel Kinanti Terlahir Kembali karya Tasaro GK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik baca, teknik catat dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara identifikasi data, mengklasifikasi data, dan menginterpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) representasi nilai pendidikan karakter dalam novel Kinanthi Terlahir Kembali karya Tasaro GK terdapat tiga nilai karakter yaitu (i) nilai yang berkaitan dengan religi/keagamaan yang meliputi: keterlibatan ritual dalam menjalankan kewajiban beribadah, hidup rukun bersama agama lain, dan keterlibatan intelektual (pengetahuan tentang agama). (ii) nilai yang berkaitan dengan pribadi manusia meliputi nilai karakter: jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, mandiri, disiplin, pemberani, cinta tanah air, demokratis, gemar membaca dan sabar. (iii) nilai karakter yang berkaitan dengan orang lain meliputi nilai karakter: peduli sosial, toleransi, menghargai prestasi, dan sopan. 2) implikasi nilai pendidikan karakter dalam pengajaran berkaitan dengan indikator,  kompetensi inti, dan kompetensi dasar, sedangkan bagi peserta didik berimplikasi pada pengetahuan tentang moral, perasaan tentang moral, dan perbuatan moral. Saran dalam penelitian ini adalah pendidik diharapkan lebih kreatif dalam pemilihan materi dalam pengajaran sastra dengan memanfaatkan karya sastra, khususnya novel bagi peserta didik agar wawasan dan kualitas berpikir lebih kritis, bentuk-bentuk moral buruk yang terdapat dalam novel Kinanthi Terlahir Kembali karya Tasaro GK hendaknya menjadi pelajaran bagi pembaca untuk tidak mencontoh sikap dan perbuatan tersebut, bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini menjadi acuan dalam mengembangkan penelitian-penelitian selanjutnya yang bersifat inovasi.Â
Kata Kunci: Novel, nilai pendidikan karakter, pengajaran sastra