UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MELALUI WORKSHOP PADA SMK BINAAN DI KABUPATEN TAKALAR

Authors

  • Ahmad. H

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v8i2.71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara baik dan benar melalui workshop.

Subyek penelitian tindakan sekolah ini adalah semua guru yang mengajar di SMKN 2 Takalar dan SMK Yapta Takalar yang berjumlah 50 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi data awal dan hasil workshop terbatas. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif persentase yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Simpulan penelitian ini adalah, kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal meningkat melalui pembinaan workshop. Hal tersebut terlihat pada data awal penguasaan guru rata-rata hanya memperoleh 2,42 dengan kategori Kurang. Pada siklus pertama meningkat menjadi 3,33 sudah menjadi kategori Cukup. Pada siklus kedua meningkat menjadi 5,00 dengan kategori Amat Baik. Jadi hasil pada siklus kedua dibandingkan dengan sebelum pemberian tindakan meningkat sangat signifikan. Pengelompokan dengan guru mata diklat sejenis pada siklus kedua pengaruhnya sangat signifikan dalam meningkatkan skor penguasaan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal yang baik dan benar.

Downloads

Published

2017-04-14