IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT TEKS BERITA SEDERHANA SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 13 MAKASSAR

Authors

  • Rahmatia .

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v8i2.69

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapkan siklus berulang dan terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan/perlakuan, observasi/ penilaian, dan tahap refleksi atau perenungan. Tujuan yang hendak dicapai melaui PTK ini adalah meningkatkan kemampuan membuat naskah berita sederhana untuk berbagai keperluan secara tepat melalui   implementasi metode inkuiri yang berorientasi pada mekanisme pembelajaran yang menuntun siswa menemukan inti persoalan yang diajarkan dengan berupaya menemukan sendiri solusi yang terbaik. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII.2 SMP Negeri 13 Makassar Tahun Pelajaran 2012/2013..

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri, yang dirancang dan dilaksanakan dengan baik dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan siswa menguraikan hal-hal yang berhubungan dengan kemampuan membuat naskah berita sederhana secara umum dengan tepat dan benar. Aktivitas pembelajaran juga meningkat yang ditandai dengan tingkat kehadiran siswa yang mencapai rata-rata 97%. Selain itu tingkat partisipasi siswa dalam PBM juga meningkat yang ditandai dengan frekuensi melakukan latihan mandiri yang semakin baik serta dilakukan oleh lebih dari 98% dari total 36 siswa sampel.

Downloads

Published

2017-04-14