UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH PIDATO BAHASA INDONESIA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SISWA KELAS IX-2 SMP NEGERI 13 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v8i2.66Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapkan siklus berulang dan terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan/perlakuan, observasi/ penilaian, dan tahap refleksi atau perenungan. Tujuan yang hendak dicapai melaui PTK ini adalah meningkatkan kemampuan menulis naskah pidato bahasa Indonesia secara tepat siswa kelas IX.2 SMP Negeri 13 Makassar Tahun Pelajaran 2011/2012. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif yang berorientasi pada mekanisme kerja kelompok atau diskusi kelompok dalam PBM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran koopratif yang dirancang dan dilaksanakan dengan baik dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan siswa kelas IX.2 SMP Negeri 13 Makassar Tahun Pelajaran 2011/2012membuat naskah pidato atau ceramah sesuai peruntukannya. Aktivitas pembelajaran juga meningkat yang ditandai dengan tingkat kehadiran siswa yang mencapai rata-rata 98%. Selain itu tingkat partisipasi siswa dalam PBM juga meningkat yang ditandai dengan frekuensi melakukan latihan mandiri yang semakin baik serta dilakukan oleh lebih dari 96% dari total 35 siswa sampel