IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI KERAGAMAN TEATER NUSANTARA SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 13 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v8i2.63Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan siklus berulang yang terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan/perlakuan, observasi/penilaian, dan tahap refleksi atau perenungan. Tujuan yang hendak dicapai melaui PTK ini adalah meningkatkan kemampuan mengapresiasi keragaman teater nusantara siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 13 Makassar Tahun Pelajaran 2012/2013. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif yang menitikberatkan pada pencurahan ide dalam seting kelompok baik kelompok kecil maupun kelas. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, maka sebelum perlakuan, diberikan tes awal sebagai diagnosa yang dilanjutkan dengan tes susulan setiap selesai satu siklus. Selain hasil belajar berupa data kuantitatif, dicatat pula data-data kualitatif yang diperoleh melalui observasi, angket, dan jurnal catatan guru.