PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GR (GROUP RESUME) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS VIII SMP ISLAM DARUL HIKMAH MAKASSAR.
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v8i2.60Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Darul Hikmah Makassar yang belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe GR (Group Resume) dan yang belajar dengan tanpa penerapan pembelajaran kooperatif tipe GR (Group Resume) pada pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe GR (Group Resume) dan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan penerapan dan tanpa penerapan pembelajaran kooperatif tipe GR (Group Resume) pada pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Darul Hikmah Makassar yang berjumlah 80 orang sedangkan sampelnya adalah kelasVIIIAdan VIIIByang masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dan pedoman angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari data yang diperoleh dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe GR (Group Resume) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia. Hasil analisis statistik inferensial (uji analisis kovarian) menunjukkan nilai  sig.hit= 0,000  dari = 0,05 atau 0,000 <  0,05.Downloads
Published
2017-04-14
Issue
Section
Articles