PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 3 SMAN 2 BELOPA KABUPATEN LUWU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETWO STAY TWO STRAY (TSTS)

Authors

  • Haidir .

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v8i1.58

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model  pembelajaran kooperatif TipeTSTS. Subjek penelitian ini adalah 36 orang siswa kelas XI IPA3 SMAN 2 Belopa Kabupaten Luwu pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes evaluasi untuk hasil belajar.Hasil dari data penelitian tersebut adalahrata-rata nilai hasil belajar biologi setelah pembelajaran kooperatif tipeTSTS meningkat. pada siklus I sebesar 73,45 meningkatmenjadi 81,95 pada siklus II. Demikian pula persentase ketuntasan hasil belajar biologi juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I sebesar 52,78% meningkat pada siklus II menjadi 86,11%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA3 SMAN 2 Belopa Kabupaten Luwu melalui penerapan model pembelajarankooperatif tipeTSTS.

Downloads

Published

2017-04-13