UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS XII IPA2 SMAN 1 MASAMBA
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v8i1.57Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Masamba semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 42 siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw merupakan suatu model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Masamba. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, yaitu Rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 74,64 menjadi 82,98 dan peningkatan persentase siswa yang tuntas dari 62% menjadi 86%.Â