PENGARUH BALAS JASA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP LOYALITAS TENAGA KERJA OUTSOURCING PT TELKOM PAREPARE

Authors

  • Ahmad Syaekhu

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v8i1.53

Abstract

Beberapa perusahaan fokus dengan core competence-nya dan menyerahkan pekerjaan non core competence-nya kepada pihak ketiga yang saat ini kita kenal dengan istilah outsourcing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh balas jasa dan lingkungan kerja terhadap loyalitas tenaga kerja outsourcing dan mengetahui mana diantara kedua faktor tersebut yang berpengaruh dominan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda yang menggunakan pengolah data SPSS Ver. 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel balas jasa dan lingkungan kerja mempengaruhi loyalitas tenaga kerja outsourcing dimana nilai  Fhitung yang lebih besar dari nilai Ftabel (10,608 > 3,25) dan nilai Sig. yang lebih kecil dari α (0,000 < 0,05). Koefisien determinasi sebesar 27,6% dan yang memberikan pengaruh dominan adalah variabel balas jasa dengan nilai Thitung yang lebih besar dibandingkan variabel lingkungan kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel balas jasa dan lingkungan kerja terhadap loyalitas tenaga outsourcing PT Telkom Parepare dan yang dominan mempengaruhi loyalitas adalah variabel balas jasa. Untuk itu jika perusahaan ingin meningkatkan loyalitas tenaga outsourcing maka perlu memperhatikan besarnya balas jasa yang diberikan dan membuat lingkungan kerja lebih baik bagi para tenaga kerja outsourcing.

Downloads

Published

2017-04-13