IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 03 PANA KAB. MAMASA

Authors

  • Sitti Hajar Aswad

DOI:

https://doi.org/10.54776/jip.v13i2.404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen sekolah yang dilakukan di SMP Negeri 03 Pana, kab. Mamasa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepalah sekolah dan staf tata usaha SMP Negeri 03 Pana, dan sumber-sumber data yang didapatkan peneliti dari dokumen-dokumen yang ada di SMP Negeri 03 Pana.

Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa implementasi manajemen sekolah yang dilakukan di SMP Negeri 03 pana, kab. Mamasa sudah cukup baik dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari program-program sekolah, proses pengambilan keputusan, pengelolaan lembaga dan proses belajar mengajar serta manajemen tenaga kependididikan dan manajemen sarana prasarana.

 

Kata Kunci: Manajemen Sekolah, kualitas pembelajaran.

References

Haryati & Rochman. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume II No. 2, Juli 2012.

Harsono. (2002). Implementasi Kebijakan dan Politik. Bandung: PT. Mutiara Sumber Widya

Miles, Mathew B.&A. Michael. Huberman 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Moleong, J. Lexy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitati. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

----------------2005. Manajemen berbasis sekolah. Bandung. PT RemeajaRosdakarya.

----------------2007. Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Nurdin Usman. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru.

Downloads

Published

2022-11-02