PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 3 TA KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE
DOI:
https://doi.org/10.54776/jip.v13i2.376Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui bagaimana proses pembelajaran di UPT SD negeri 3 Ta Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, 2. Untuk mengetahui penggunaan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT SD Negeri 3  Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, 3. untuk mengetahui apakah penggunaan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V UPT SD Negeri 3 Ta Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), pada mata pelajaran IPS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 rangkaian kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi ketuntasan hasil belajar pada siklus I berjumlah 7 orang atau 35% dan untuk siklus II berjumlah 19 orang atau 95%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 70,75%, dan untuk siklus II sebesar 85,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Proses pembelajaran di UPT SD Negeri 3 Ta Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone pada kelas V terjadi peningkatan dengan penggunaan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, 2 penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatankan hasil belajar IPS siswa Kelas V UPT SD Negeri 3 Ta Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone pada mata Pelajaran IPS, ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II dengan skor rata-rata hasil belajar siklus I 36.6% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,32%, 3 penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan hasil belajar IPS, mendapatkan respon yang positif dari siswa kelas V di UPT SD Negeri 3 Ta. Hal ini ditunjukan dari sikap siswa yang antusias dan bersedia mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 35% dan pada siklus II meningkat menjadi 95% dari 20 siswa.Â
Â
Kata Kunci: Hasil Belajar, Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here.
References
REFERENSI
Abdillah dkk. 2015. Partial Least Squares (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Riset Ekonomi. Ed.1. Yogyakarta. dan saya
Abdullah, Ridwan Sani. 2015. Pembelajaran Ilmiah untuk Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta. Sastra erd.
Ahmad, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan.Jakarta. Lineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan di Kelas. sastra bumi jakarta
Buzan, Tony. 2013 Kartu memori; untuk meningkatkan kreativitas Anda. Perpustakaan Utama Gramedia Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Hanafia dan Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung. PT. Refika Aditama
Jamala, Syaiful Bari. 2008 Mempelajari Psikologi. Jakarta Lineka Cipta
Fenty. 2013. Panduan Konseling. Graffind Raja Jakarta.
Huda, miftahul. 2013. Model Belajar Mengajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Kasmadi dan Nia Sri Sunariah.2013. Panduan terbaru untuk penelitian kuantitatif. Bandung alfabet.
Khadijah. 2016. Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Medan. Perdana Publishing
Mudjiono und Dimyati, 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Mukhtar Samus. 2015. Pendidikan untuk anak-anak bangas: Pendidikan untuk semua. Jakarta. Nimas Multima.