ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA TAKSI BOSOWA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v7i1.37Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa taksi terhadap kepuasan konsumen Taksi Bosowa Makassar yang beroperasi di Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa Taksi Bosowa Makassar, yaitu sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, observasi, dan dokumentasi.Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah dengan membagikan kuesioner pada responden pengguna jasa taksi Bosowa Makassar yang ditujukan kepada 75 responden yang dipilih secara acak untuk mengisi kuesioner tersebut. Metode ini dipilih karena pelanggan Taksi Bosowa Makassar dengan karakteristik yang bervariasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) yang dtunjukkan oleh variabel kualitas pelayanan sebesar thitung= 2.201 lebih kecil dari ttabel= 2.067 (2.201 > 2.067). Dengan demikian kualitas pelayanan jasa berpengaruh terhadap kepuasan konsumen secara signifikan.