MENANAMKAN NEW ENVIROMENTAL PARADIGMA (NEP) DALAM PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS MASALAH

Authors

  • Deni Nasir Ahmad
  • Kasih Haryo Basuki

DOI:

https://doi.org/10.54776/jip.v13i1.320

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah menerapkan perilaku ramah lingkungan kepada peserta didik melalui pembelajaran berbasis masalah guna menanamkan New Environmental Paradigm (NEP). Metode penelitian adalah kajian pustaka dimana peneliti mengambil beberapa sumber hasil penelitian dari jurnal ilmiah kemudian dilakukan observasi data dan hasilnya dilakukan pembahasan hasil penelitian. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa menanamkan New Environmental Paradigm (NEP) merupakan suatu keharuskan guna menciptakan kesadaran terhadap lingkungan terhadap masalah-masalah yang ada di lingkungan dimana pembelajaran ini mengharuskan peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah tersebut. Kesimpulan dalam penelitian adalah menanamkan  New Environmental Paradigm (NEP) dalam berprilaku ramah lingkungan  berbasis masalah sangatlah perlu dilakukan guna menghasilkan pengalaman dalam pembelajaran dimana peserta didik mampu menyelesaikan masalah dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik

References

Apelabi, G. O. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelestarian Hutan Mangrove Dengan Pendekatan Nep ( New Environmental Paradigm ) Wilayah pesisir umumnya memiliki kompleksitas yang tinggi baik secara ekonomi maupun secara ekologi ( Begen , 2004 ). Berbagai ragam aktivitas mas. 10(2), 282–298.

Bahrawi, B., Vivanti, D., & Dewi, Y. S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pengelolaan Tata Ruang Pemukiman Bantaran Sungai Dan Gender Terhadap New Invironmental Paradigm (Nep). Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 6(1), 1. https://doi.org/10.21009/jgg.061.01

Demajosita, Y. N., Putrawan, I. M., & Vivanti, D. (2018). Hubungan Antara Instructional Leadership Guru Dengan New Environmental Paradigm ( Nep ) Siswa ( Studi Korelasional Terhadap Siswa Di Sma Negeri 13 Jakarta ). International Journal of Educational and Environmental Education (IJEEM), 3(2), 115–120.

Islamiati, D., Putrawan, I. M., & S, D. V. (2021). Pengaruh New Environmental Paradigm Dan Environmental Sensitivity Terhadap Responsible Environmental Behavior Siswa ( Studi Kausal Terhadap Siswa Sman 100 Jakarta ) bagaimana cara merubah perilaku manusia dalam berinteraksi dengan baik secara formal yaitu. 6(1), 66–77.

Patriana, W. R. (2020). New Enviromental Paradigma (Nep) Dalam Mengukur Kesiapan Berperilaku Ramah Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata Di Ponorogo. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i1.1941

Utari, E., & Mahrawi, M. (2019). Interkorelasi Kecerdasan Naturalistik dan The New Environmental Pradigm (NEP) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Pada Matakuliah Studi Kebantenan Konsep Sumber Daya Alam Provinsi Banten Tahun Akademik 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 750–758.

Wibowo, A. (2018). Peningkatan Pemahaman Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12183

Published

2023-04-13