PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING AND SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C DI SMP NASIONAL MAKASSAR

Authors

  • Benyamin Sema
  • Sitti Hajar Aswad STKIP Pembangunan Indonesia
  • Muh Yunus STKIP Pembangunan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54776/jip.v13i2.308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa,aktivitas guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian Tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas VII C SMP Nasioanla Makassar tahun ajaran 2021/2022, instrument yang dikumpulkan adalah data lembar observasi, tes hasil penelitian menunjukkan (1) adanya hasil belajar siswa saat mengikuti proses belajar mengajar melalui penerapan model pembelajaran problem posing and solving (2) hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II saat mengikuti proses belajar mengajar melalui penerapan problem posing and solving (3) adanya perbedaan hasil siklus I dan siklus II hasil belajar siswa menggunakan model pmbelajaran problem posing and solving. Hasil belajar siswa yang mengikuti embeljaran melalui problem posing and solving pada siklus I di peroleh nilai rata-rata sebesar 69,33 dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh setelah diberikan model pembelajaran problem posing and solving adalah 85,83 hasil uji hipotesis yang terdapat peningkatan yang signitif hasil belajar dinamika kependudukan Indonesia yaitu terdpat pada interval 75-100 yaitu 20 orang dari 30 siswa dan pada siklus II sebanyak 28 orang dari 30 siswa dinyatakan tuntas dan kategori tidak tuntas beraada pada interval 0-74 yaitu 10 orang pada siklus I dan siklus II. Peningkatan ini terjadi karena guru elah melakukan perbaikan motivasi kepada siswa sehingga pada siklus ini siswa mengalami peningktan dari siklus I ke siklius II.

References

Amir.2013. Sastra lisan Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Elis Ratnawulan.et.al.2015 Evaluasi Pembelajaran. Bandung:Pustaka Setia.

Gagne, R.M. 1997. Intrucution Program, New York: Macmillan.

Gulo. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Grasindo

Hamalik. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Joyce, B. and Weli, 2010. Model of Teacing edisi 8. Yogyakarta Pustakan Belajar.

Kilic. 2017 Tentang The effect of Hypertension, Risk Factors and Complications among Attendanst of a Primary Healt Care Center In Jeddah, Saudi Arabia. Di unduh pada tanggal 30 Mei 2017 di akses dari http//ac.els-cdn. Com/s2405818115300623/1

Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional, Bandung PT. Remaja Rosdakarya offset

Oemar Hamalik. Dan Cucu Suhan. 2012. Konsep strategi Pembelajaran. Bandung: Refika aditama

Purwanto. 2004. Psikologi Pendidikan. Cetakan ke 20. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusman. 2011. Model-model Pemebelajaran Profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali pers

Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Raja. Graf indo Persada. Sardiman. 2007.

Sanjaya. Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

PrenadaMedia Group.

Wasliman. 2007. Modul Problematika Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandunhg: UPI Press.

Winkel WS, 2000. Psikolog Pendidikan dan evaluasi Belajar, Jakarta Gramedia.

Downloads

Published

2023-04-13