PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE SOKRATIS PADA SISWA KELAS XII IPA 1 MAN SULI KABUPATEN LUWU
Abstract
Penelitian  ini  adalah   penelitian  tindakan  kelas atau class room action research  dengan pemaparan  data deskriptif kualitif  dalam bentuk frekuensi kumulatif  data ,  subjek  penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 MAN Suli Kab. Luwu,   pengumpulan  data  dengan tehnik observasi  dan  tes.  Sedang tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik distribusi frekuensi kumulatif. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan bahwa pembelajaran dengan sokratis  dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika  Kelas XII IPA 1 MAN Suli Kab. Luwu  dengan nilai rata-rata secara keseluruhan 79, atau setara dengan hasil belajar diatas ketuntasan. Sehubungan dengan  ini , peneliti menyarankan agar guru kelas yang lain, khususnya guru  kelas XII IPA 1 MAN Suli Kab. Luwu, dapat   menerapkan pembelajaran   sokratis   dalam    menyajikan   materi pembelajaran    demi mengoptimalkan   kemampuan   siswa   dalam    menyelesaikan  soal-soal   mata  pelajaran matematika.
Â
Kata Kunci: Sokratis, Hasil Belajar, Siswa
References
Ali, Muhammad, 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Djamarah, Syaiful, Bahri, 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful, Bahri, dkk, 2006. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas, 2004. Pedoman Umum Pengembangan Penilaian. Yogyakarta: Depdiknas.
Hudojo, Herman, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP
Hanafiah, 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Aprina, Nera, 2006. Perbandingan Metode Sokratis dan Tanya-Jawab Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas X. Palembang: UNIV. PGRI
Pidarta, Made, 1990. Cara Belajar Mengajar di Universitas Negara Maju. Jakarta: Bumi Aksara.
Simanjuntak Lisnawati, dkk, 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.