EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DEBAT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS X SMA WAHYU MAKASSAR

Authors

  • Isnada .

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v9i1.274

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMA Wahyu Tahun pelajaran 2014/2015 yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe debat dan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 1 kelas. Karena populasi bersifat homogen, maka pengambilan sampel di lakukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan membagi satu kelas dalam dua kelompok, kelompok A sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B sebagai kontrol. Untuk mendapatkan data hasil belajar, maka digunaklan tes sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis stastistik inferensial dan stastistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan Komponen Penyusun Ekosistem yang mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe debat dikategori tinggi dengan memakai uji statistik deskriptif yang memperoleh skor rata-rata 77,0. Sedangkan yang menggunakan pembelajaran konvensional dikatagori rendah dengan skor rata-rata 68,7. Terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar biologi yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe debat dan hasil belajar biologi yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensinal. Hasil analisis menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe debat lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam memahami pokok bahasan komponen penyusun Ekosistem pada siswa kelas X SMAWahyu Makassar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Debat, Hasi Belajar

Downloads

Published

2021-09-11