PENGARUH BIAYA PERSONAL SELLING TERHADAP NILAI PENJUALAN ALAT PERTANIAN PADA PT.RUTAN INDONESIA CABANG MAKASSAR

Authors

  • Khaidarsyah Khaidarsyah

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v12i1.228

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Pengaruh Biaya Personal Selling Terhadap Nilai

Penjualan Alat Pertanian Pada PT. Rutan Indonesia Cabang Makassar. Penelitian ini

merupakan penelitian eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah biaya personal selling

dan volume penjualan perusahaan tahun 2014-2018. Teknik analisis data menggunakan

uji regresi sederhana.

(2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh biaya personal selling

terhadap nilai penjualan Alat pertanian pada PT. Rutan Indonesia Cabang Makassar.

Hasil uji menunjukkan tingkat signifikansi 0,008 (lebih rendah dari 0.05), berarti

Variabel personal selling memiliki pengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hasil

analisa koefisien korelasi diketahui kekuatan hubungan variabel personal selling dengan

upnormal return ditunjukan oleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.326, hal ini berarti

bahwa keeratan hubungan antara variabel personal selling dengan variabel volume

penjualan sangat kuat dan positif. (3) Sedang besarnya pengaruh variabel personal selling

terhadap volume penjualan ditunjukan oleh nilai determinasi (r2 ) atau r square yakni

sebesar 0.853. Hal ini dapat ditafsirkan bahwa pengaruh variabel personal selling (X)

terhadap volume penjualan (Y) sebesar 0.853 atau sebesar 85.3%.

Kata kunci : Personal Selling, Volume Penjualan,

Downloads

Published

2020-06-13