PENGARUH BIAYA PERSONAL SELLING TERHADAP NILAI PENJUALAN ALAT PERTANIAN PADA PT.RUTAN INDONESIA CABANG MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v12i1.228Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Pengaruh Biaya Personal Selling Terhadap Nilai
Penjualan Alat Pertanian Pada PT. Rutan Indonesia Cabang Makassar. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah biaya personal selling
dan volume penjualan perusahaan tahun 2014-2018. Teknik analisis data menggunakan
uji regresi sederhana.
(2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh biaya personal selling
terhadap nilai penjualan Alat pertanian pada PT. Rutan Indonesia Cabang Makassar.
Hasil uji menunjukkan tingkat signifikansi 0,008 (lebih rendah dari 0.05), berarti
Variabel personal selling memiliki pengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hasil
analisa koefisien korelasi diketahui kekuatan hubungan variabel personal selling dengan
upnormal return ditunjukan oleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.326, hal ini berarti
bahwa keeratan hubungan antara variabel personal selling dengan variabel volume
penjualan sangat kuat dan positif. (3) Sedang besarnya pengaruh variabel personal selling
terhadap volume penjualan ditunjukan oleh nilai determinasi (r2 ) atau r square yakni
sebesar 0.853. Hal ini dapat ditafsirkan bahwa pengaruh variabel personal selling (X)
terhadap volume penjualan (Y) sebesar 0.853 atau sebesar 85.3%.
Kata kunci : Personal Selling, Volume Penjualan,