SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP NEGERI 35 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v12i1.227Abstract
Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mendeskripsikan unsur-unsur apa yang menjadi
fokus supervisi akademik oleh Kepala SMP Negeri 35 Makassar, 2) Mendeskripsikan apa
strategi kepala SMP Negeri 35 Makassar dalam melaksaanakan supervisi akademik. Metode
dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara
dilakukan kepada kepala sekolah, 46 guru, 3 tata usaha, dan 27 ketua kelas. Observasi
dilakukan oleh untuk mengamati suasana pembelajaran di kelas dengan lembar observasi
yang bersifat naratif deskriptif. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan dokumen
hasil supervisi, notulen rapat dan dokumen pelaksanaan berbagai pelatihan internal sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan 1) unsur-unsur yang disupervisi kepala sekolah meliptuti
upervisi administrasi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil
pembelajaran. Supervisi administrasi pembelajaran dilakukan dengan pembimbingan, koreksi
dan penilaian terhadap 14 komponen administrasi guru mapel dan 12 bagi guru BK,
mayoritas guru memperoleh kategori Baik. Supervisi pelaksanaan pembelajaran dilakukan
dengan Supervisi Kunjungan Kelas dengan tahapan diskusi pra kunjungan, penilaian kegiatan
pembelajaran di kelas dengan 30 indikator bagi guru mata pelajaran dan 19 bagi guru BK,
Supervisi Evaluasi Hasil Pebelajaran dilakukan dengan menilai proses pelaksanaan ulangan
harian dengan 11 indikator, PTS dan PS 10 indikator, hasilnya mayoritas guru mendapat
kategori Baik. 2) Strategi supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah meliputi teknik
supervisi individu dan teknik supervisi kelompok. Teknik supervisi individu meliputi lima
cara; supervisi kunjungan kelas kepada 46 guru, Observasi Kelas kepada 3 orang guru dan
Kunjungan Antar Kelas kepada seorang guru, percakapan individu formal dan tidak formal,
mengfasilitasi guru mengikuti pelatihan diluar sekolah. Teknik supervisi kelompok dilakukan
melalui 3 cara yaitu rapat guru, mengaktifkan MGMP sekolah dan melaksanakan berbagai
pelatihan dalam lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional