SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP NEGERI 35 MAKASSAR

Authors

  • Amiruddin D
  • Muhammad Azis
  • Basri Bado
  • Muh. Yahya

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v12i1.227

Abstract

Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mendeskripsikan unsur-unsur apa yang menjadi

fokus supervisi akademik oleh Kepala SMP Negeri 35 Makassar, 2) Mendeskripsikan apa

strategi kepala SMP Negeri 35 Makassar dalam melaksaanakan supervisi akademik. Metode

dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara

dilakukan kepada kepala sekolah, 46 guru, 3 tata usaha, dan 27 ketua kelas. Observasi

dilakukan oleh untuk mengamati suasana pembelajaran di kelas dengan lembar observasi

yang bersifat naratif deskriptif. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan dokumen

hasil supervisi, notulen rapat dan dokumen pelaksanaan berbagai pelatihan internal sekolah.

Hasil penelitian menunjukkan 1) unsur-unsur yang disupervisi kepala sekolah meliptuti

upervisi administrasi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil

pembelajaran. Supervisi administrasi pembelajaran dilakukan dengan pembimbingan, koreksi

dan penilaian terhadap 14 komponen administrasi guru mapel dan 12 bagi guru BK,

mayoritas guru memperoleh kategori Baik. Supervisi pelaksanaan pembelajaran dilakukan

dengan Supervisi Kunjungan Kelas dengan tahapan diskusi pra kunjungan, penilaian kegiatan

pembelajaran di kelas dengan 30 indikator bagi guru mata pelajaran dan 19 bagi guru BK,

Supervisi Evaluasi Hasil Pebelajaran dilakukan dengan menilai proses pelaksanaan ulangan

harian dengan 11 indikator, PTS dan PS 10 indikator, hasilnya mayoritas guru mendapat

kategori Baik. 2) Strategi supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah meliputi teknik

supervisi individu dan teknik supervisi kelompok. Teknik supervisi individu meliputi lima

cara; supervisi kunjungan kelas kepada 46 guru, Observasi Kelas kepada 3 orang guru dan

Kunjungan Antar Kelas kepada seorang guru, percakapan individu formal dan tidak formal,

mengfasilitasi guru mengikuti pelatihan diluar sekolah. Teknik supervisi kelompok dilakukan

melalui 3 cara yaitu rapat guru, mengaktifkan MGMP sekolah dan melaksanakan berbagai

pelatihan dalam lingkungan sekolah.

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional

Downloads

Published

2020-06-13