PENGARUH TEKNIK INQUIRING MINDS WANT TO KNOW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Nana Harlina Haruna
  • Ari Wibowo

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v11i2.193

Abstract

Penelitian ini menelaah Pengaruh Penerapan Teknik Inquiring Minds Want To Know Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI SMA Negeri 5 Bone.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatifJenis penelitian yang dilakukan adalah True-Experimental Design.Sampel yang digunakan untuk kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random.Desain penelitianyang digunakan dalam penlitian ini adalahDesain Matching Pretest-Posttest Control Group Design.penelitian sampel acak (Therandomized pretest-posttest control grouf design.Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelasXI IPA SMANegeri 5 Boneyang berjumlah 850orang. Adapun yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Bone sebanyak 64 orang yaitu 31 orang sebagai kelas eksperimen dan 32 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan teknik Inquiring Minds Want To Know pada mata pelajaran matematika memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang meningkat sehingga memberikan pengaruh yang signifikan.

 Kata kunci:teknik Inquiring Minds Want To Know, hasil belajar matematika.

Downloads

Published

2019-12-28