PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE-TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 POLONGBANGKENG UTARA
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v6i1.19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) terhadap Hasil Belajar Agama Islam pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Polongbangkeng Utara. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Polongbangkeng Utara kelas XI IPS. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes/evaluasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa memperlihatkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran ATI terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis inferensial uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel pada taraf nyata = 0,05 diperoleh thitung = 16,97 dan ttable =1,706 , karena thitung lebih besar dari ttable  yaitu 16,97> 1,706 maka H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa variabel penerapan model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) berpengaruh positif terhadap variabel hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Polongbangkeng Utara.