PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP KUNJUNGAN WISATA WATERBOOM PADA P.T. PLANET BECKHAM 18

Authors

  • M. Taslim Dangnga
  • Muh. Tito Drajat

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v10i1.178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu yang terdiri dari periklanan (advertising), penjualan perorangan (personal selling), promosi (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), dan pemasaran langsung (direct marketing) secara bersama-sama dan parsial terhadap tingkat kunjungan.Populasi dalam penelitian ini sebanyak  dan  menggunakan  instrumen  penelitian berupa kuesioner yang disebar ke 100 orang responden yang merupakan pengunjung waterboom. Teknik analisis yang digunakan regresi linierberganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel dari Komunikasi Pemasaran Terpadu yaitu periklanan (Advertising), penjualan perorangan (personal selling), promosi (sales promotion), hubungan masyarakat (Public Relation), dan pemasaran langsung (direct marketing ) secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat kunjungan. Secara parsial diketahui pemasaran langsung, periklanan, dan penjualan personal berpengaruh negatif terhadap tingkat kunjungan.Namun, hanya variabel pemasaran lansung yang signifikan.Sedangakan variabel promosi penjualan dan hubungan masyarakat berpengaruh positif terhadap tingkat kunjungan, dimana variabel hubungan masyarakat yang signifikan dan menjadi yang paling dominan mempengaruhi tingkat kunjungan.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Terpadu, Integrated Marketing Communication, dan Kunjungan

Downloads

Published

2018-11-10