PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 BONE

Authors

  • Hasisa Haruna
  • Sitti Marlina

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v10i2.169

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Bone. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana dengan menggunakan Aplikasi SPSS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 21 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dengan rumus Y = a+bX. Hasil analisis dan pembahasan didapat nilai signifikan sebesar 0.042 < 0.05, artinya fasilitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Bone.

 

Kata Kunci : Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Siswa

Downloads

Published

2018-12-01