PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v9i2.117Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kreativitas guru ekonomi kelas X SMA Negeri 1 lilirilau dalam mengajar dan gambaran tingkat hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi serta pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lilirilau. Penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lilirilau, yang berjumlah 204 siswa dengan sampel sebanyak 51 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru ekonomi kelas X dalam mengajar tergolong dalam kategori sedang. Ditinjau dari aspek kreativitas guru dalam mengajar menurut Wina Sanjaya. Hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Lilirilau Kabupaten Soppeng tergolong sangat tinggi ditinjau dari aspek kognitif siswa. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif yang tidak signifikan antara kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil analisis data yang dilakukan yaitu dengan persamaan regresi Y = 69,716+0,239X, dengan koefisien determinasi sebesar 0,045 atau 4,5%, dan diperoleh besarnya pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai r hitung adalah 0,211 berada pada interval 0,20-0,399 yang berarti tingkat pengaruhnya tergolong dalam kategori rendah. Serta telah dilakukan uji hipotesis (Uji T) dengan hasil thitung ≤ ttabel yaitu 1,514 ≤ 1,676 yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas guru dengan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Kreativitas guru, Hasil belajar