PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN PT. LOTTE SHOPPING INDONESIA TBK CABANG MAKASSAR

Authors

  • Andi Sawe Ri Esso

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v9i2.114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Perusahaan PT Lotte Shopping Indonesia Tbk Cabang Makassar.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah konsumen pada perusahaan PT Lotte Shopping Indonesia Tbk Cabang Makassar. Penentuan sampel dilakukan sesuai dengan teori Arikunto ( 2002 : 120), sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang . pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket dan pengukuran skala. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen di perusahaan PT Lotte Shopping Indonesia Tbk Cabang Makassar. Hal ini dilihat dari hasil analisis data yang dilakukan yaitu dengan persamaan regresi Y = 1.482 + 0,303X Nilai Adjusted R square diperoleh sebesar 0,728 dan nilai R2 sebesar 0,530 artinya 53% besarnya kontribusi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.. Serta telah dilakukan uji hipotesis (Uji T) Hasil analisis diperoleh bahwa variabel kualitas pelayanan (X) memiliki koefisien regresi sebesar 0,303 (bertanda positif) terhadap kepuasan konsumen (Y) dan memiliki nilai Thitung > Ttabel yakni sebesar 2,840 > 1,66, sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan PT Lotte Shopping Indonesia Tbk Cabang Makassar.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.

Downloads

Published

2018-02-24