UPAYA MENYIAPKAN GENERASI EMAS MELALUI PENANAMAN NILAI- NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v9i2.107Abstract
Generasi emas merupakan generasi penerus bangsa yang pada periode tersebut sangat produktif, sangat berharga dan sangat bernilai, sehingga perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik agar berkualitas menjadi insan yang berkarakter, insan yang cerdas, dan insan yang kompetitif, serta menjadi bonus demografi. Oleh karena itu,generasi penerus harus memiliki karakter yang baik. Karakter dapat menentukan kulitas moral dan arah dari setiap generasi muda dalam mengambil keputusan dan tingkah laku.
Karena karakter merupakan bagian integral yang harus dibangun,agar generasi muda sebagai harapan bangsa,sebagai penerus bangsa yang akan menentukan masa depan harus memiliki sikap dan pola pikir yang berlandaskan moral yang kokoh dan benar dalam upaya membangun bangsa. Untuk mewujudkan hal tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting, yaitu sebagai sarana yang tepat dan menjadi tempat yang
kokoh untuk menanamkan nilai-nilai karakter, sehinggamampu membentengi para peserta didik dari pengaruh globalisasi yang semakin meningkat. Penanaman nilai-nilai karakter dapat dilakukan melalui proses pembelajaran, salah satunya adalah melalui pembelajaran sejarah dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter.
Kata kunci: Generasi Emas, Nilai-nilai Karakter, Pembelajaran Sejarah