PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA GAMBAR BERWARNA SISWA KELAS X.4 SMA NEGERI 3 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.51336/jip.v9i2.105Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan media gambar berwarna bagi siswa kelas X.4 SMA Negeri 3 Makassar. Secara rinci bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis cerpen dengan media gambar berwarna bagi siswa kelas X.4 SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang didesain melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data penelitian ini adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar berwarna dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen bagi siswa kelas X.4 SMA Negeri 3 Makassar. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ada perubahan tingkah laku siswa ke arah positif setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan media gambar berwarna. Keterampilan menulis cerpen siswa pun meningkat yang terlihat dari hasil tes menulis cerpen siswa pada siklus I dan siklus II.
Peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: (1) Guru kelas X.4 SMA Negeri 3 Makassar dapat mengarahkan siswa untuk mengoptimalkan keterampilan menulis cerpen dengan menerapkan media gambar berwarna; (2) Pengetahuan dan pengalaman guru kelas X.4 SMA Negeri 3 Makassar dalam penerapan media gambar berwarna di kelas dapat lebih ditingkatkan dengan memperbanyak referensi mengenai media gambar berwarna; dan (3) Kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda untuk menambah khasanah ilmu bahasa.
Kata kunci : Menulis cerpen, media gambar