PENERAPAN METODE PARTISIPATORIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA TRIDHARMA MKGR MAKASSAR

Authors

  • Isnani Arianti

DOI:

https://doi.org/10.51336/jip.v9i2.104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode partisipatorik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas XI SMA Tridharma MKGR Makassar. Desain penelitian ini adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan refleksi setiap siklus pembelajaran. Hasil penelitian penerapan metode partisipatorik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas XI SMA Tridharma MKGR Makassar terbukti signifikan dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan pastisipasi siswa dalam pembelajaran. Dengan penerapan metode partisipatorik, siswa menjadi aktif dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran. Di lain pihak, siswa menjadi berani mengemukakan argumennya karena guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi penuh dalam pembelajaran. Interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru semakin akrab. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran sebagai berikut: (1) Dalam menentukan metode partisipatorik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia disarankan agar guru menguasai berbagai metode pembelajaran dan mampu menyesuaikannya dengan materi yang diajarkan, (2) Kepada guru bidang studi sekiranya menjalin hubungan yang lebih akrab dengan siswa sehingga pembelajaran menyenangkan, (3) Guru hendaknya siap menerima masukan-masukan dari siswa agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar, (4) Kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia sekiranya dapat menerapkan metode partisipatorik ini dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (5) Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran memegang peranan yang sangat penting. Oleh karena itu guru hendaknya melibatkan siswa dalam menyiapkan fasilitas dan alat bantu pembelajaran sehingga siswa terbimbing untuk menumbuhkan sikap ilmiah, kreatif, bertanggung jawab, mengenal hubungan lingkungan, dan sains, dan (6) Penelitian yang berkaitan dengan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran masih perlu dilakukan seperti mengidentifikasi kebutuhan siswa dan penggunaan metode-metode pembelajaran bervariasi.

Kata Kunci: Partispatorik, Pembelajaran

Downloads

Published

2018-02-24