Peningkatan Hasil Belajar Biologi Konsep Sistem Pernapasan pada Manusia melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) bagi Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 1 Burau

Authors

  • Ruth Megawati Pendidikan Biologi, Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.51336/cb.v1i1.95

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di SMP Negeri 1 Burau pada konsep sistem pernapasan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Burau yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Pengambilan data hasil belajar siswa dilakukan melalui tes tertulis pada tiap akhir siklus  dan observasi aktivitas belajar siswa dilakukan pada setiap proses pembelajaran berlangsung. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siklus I mencapai skor rata-rata 62,5 meningkat pada siklus II menjadi 72,7. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 59,3%  dengan jumlah siswa yang tuntas hanya 19 orang meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar biologi khususnya pada konsep sistem pernapasan, siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Burau.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif  tipe NHT,  Hasil belajar.

Downloads

Published

2017-08-01

Issue

Section

Articles