STUDI LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI ABAD 21

Authors

  • Muh. Rizal Kurniawan Yunus Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.51336/cb.v5i2.437

Keywords:

Literasi TIK, Pembelajaran Abad 21, Mahasiswa Biologi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dimana pengumpulan informasi yang dilakukan dengan cara menyusun daftar pernyataan berupa angket yang diajukan terhadap responden dalam sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V pada program studi pendidikan biologi di Universitas Sulawesi Barat tahun ajaran 2022 / 2023 sebanyak 118 mahasiswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga didapatkan sebanyak 3 kelas sebagai sampel penelitian dengan jumlah 58 mahasiswa Teknik pengumpulan data tentang literasi TIK biologi dengan menggunakan Angket. Bentuk angket yang digunakan merupakan angket tetutup dimana responden tinggal memilih opsi jawaban pada pilihan jawaban yang tersedia yang merujuk pada skala likert. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Angket tertutup berbasis web untuk mengukur literasi TIK guru biologi dan disebar secara online dengan menggunakan google form. Angket terdiri dari 30 nomor pertanyaan yang terbagi dalam 5 indikator yatu akses terhadap TIK, Kompetensi guru menggunakan TIK, Integrasi TIK dalam pembelajaran, Evaluasi terhadap TIK, dan Kompetensi guru menggunakan media TIK dalam pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Data yang diperoleh dari angket yang menggunakan skala likert kemudian dihitung sesuai dengan dari jawaban mahasiswa yang kemudian diberikan kategori dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 67% mahasiswa Pendidikan biologi memiliki literasi TIK sangat baik, 28% memiliki literasi TIK baik dan 5% memiliki literasi TIK sedang. Pada indicator literasi TIK access, integrate, dan evaluate kemampuan mahasiswa berada pada kategori sangat baik, pada indicator manage berada pada kategori baik dan pada indicator create berada pada kategori sedang

Downloads

Published

2022-07-30