PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIKSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI SPH II, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI, UNIVERSITAS CENDERAWASIH

Authors

  • Ruth Megawati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.51336/cb.v5i2.401

Abstract

Menyikapi masalah-masalah belajar di dalam kelas, membutuhkan kreativitas pengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai yang tentunya berimplikasi pada hasil belajar. Salah satu hal yang bisa dilakukan pengajar yaitu melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini adalah PTK yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jiksaw. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV yang mengikuti mata kuliah Struktur Perkembangan Hewan II (SPH II) sebanyak 43 orang. Penelitian ini mengacu pada model Kemmis & Mc. Taggart, dengan 2 siklus. Pengambilan data dilakukan melalui 2 teknik yaitu (1)teknik observasi dengan menggunakan instrument lembar observasi yang dilakukan disetiap proses pembelajaran berlangsung, dan (2)teknik tes dengan istrumennya adalah tes tertulis berupa pilihan ganda yang diberikan disetiap akhir topik bahasan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jiksaw pada siklus I ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 60,46% dengan jumlah mahasiswa yang tuntas hanya 26 orang meningkat pada siklus II menjadi 81,39% dengan jumlah mahasiswa yang tuntas belajar sebanyak 35 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jiksaw dapat meningkatkan hasil belajar biologi khususnya pada materi Struktur dan Perkembangan Hewan II, mahasiswa semester IV, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cenderawasih.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe jiksaw, Hasil belajar.

Downloads

Published

2022-07-30