KORELASI PERSEPSI PESERTA DIDIK MENGENAI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SENDANA
DOI:
https://doi.org/10.51336/cb.v5i2.352Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui korelasi persepsi peserta didik mengenai kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas XI IPA di sekolah SMA Negeri 1 Sendana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana yang berjumlah 142 tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini sebaanyak 100 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel yang diteliti adalah: (1) Variabel bebas adalah persepsi peserta didik mengenai kompetensi keribadian guru; (2) Variabel terikat adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk memperoleh, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi nilai hasil belajar tahun akademik 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan; hubungan kompetensi kepribadian guru dengan hasil belajar peserta didikberada pada kategori rendah.
Kata kunci: Peserta didik, Kompetensi Kepribadian Guru, Hasil Belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
CELEBIO (Jurnal Celebes Biodiversitas) is an Open Access Journal. Celebio allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
CELEBIO: Jurnal Celebes Biodiversitas is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. This permits anyone to:
Share - copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.