KORELASI PERSEPSI PESERTA DIDIK MENGENAI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SENDANA

Authors

  • Jirana , Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Sulawesi Barat
  • Firman , Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Sulawesi Barat
  • Masmawati . Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.51336/cb.v5i2.352

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui korelasi persepsi peserta didik mengenai kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas XI IPA di sekolah SMA Negeri 1 Sendana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana yang berjumlah 142 tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini sebaanyak 100 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel yang diteliti adalah: (1) Variabel bebas adalah persepsi peserta didik mengenai kompetensi keribadian guru; (2) Variabel terikat adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk memperoleh, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi nilai hasil belajar tahun akademik 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan; hubungan kompetensi kepribadian guru dengan hasil belajar peserta didikberada pada kategori rendah.

Kata kunci: Peserta didik, Kompetensi Kepribadian Guru, Hasil Belajar

Published

2022-08-24