PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.51336/cb.v5i2.348Abstract
Konsep diri adalah gambaran diri yang dinamis, penilaian diri, dan penerimaan diri yang terbentuk melalui persepsi dan interpretasi diri dan lingkungan. Konsep diri dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yaitu penelitian yang fakta-fakta sudah ada dilapangan. Artinya semua variabel yang dikaji sudah terjadi. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhahadap motivasi belajar. Sementara untuk hasil belajar menunjukkan bahwa konsep diri memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap hasil belajar.
Keywords:Â Konsep Diri, Motivasi Belajar, hasil Belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
CELEBIO (Jurnal Celebes Biodiversitas) is an Open Access Journal. Celebio allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
CELEBIO: Jurnal Celebes Biodiversitas is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. This permits anyone to:
Share - copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.