PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Authors

  • Novia Anugra Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah, IAIN Parepare
  • St. Humaerah Syarif Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah, IAIN Parepare
  • Andi Dewi Rizka Ainulia M Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.51336/cb.v5i2.348

Abstract

Konsep diri adalah gambaran diri yang dinamis, penilaian diri, dan penerimaan diri yang terbentuk melalui persepsi dan interpretasi diri dan lingkungan. Konsep diri dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yaitu penelitian yang fakta-fakta sudah ada dilapangan. Artinya semua variabel yang dikaji sudah terjadi. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhahadap motivasi belajar. Sementara untuk hasil belajar menunjukkan bahwa konsep diri memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap hasil belajar.

Keywords: Konsep Diri, Motivasi Belajar, hasil Belajar

Published

2022-08-24