PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN JAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 3 BUNTU MALANGKA
DOI:
https://doi.org/10.51336/cb.v5i1.302Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan jelajah alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VII SMP Negeri 3 Buntu Malangka. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dengan tiga kali pertemuan dan siklus II dengan dua kali pertemuan. Pengumpulan data didapatkan dari hasil penilaian pre-test, post-test, dan lembar observasi. Subyek penelitian adalah 15 peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Buntu Malangka. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Untuk hasil belajar aspek kognitif peserta didik yang mencapai KKM meningkat dari persentase 42,85% menjadi 93,3%. Hasil belajar peserta didik aspek afektif pada siklus I adalah 100% kategori rendah dan pada siklus II kategori tinggi 100%. Data yang diperoleh menunjukkan indikator yang ingin dicapai telah memenuhi target yaitu ketuntasan klasikal sebesar 85%. Berdasarkan data, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik  kelas VII SMP Negeri 3 Buntu Malangka.
Kata kunci: Kooperatif Tipe Jigsaw, Jelajah Alam Sekitar, Hasil belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
CELEBIO (Jurnal Celebes Biodiversitas) is an Open Access Journal. Celebio allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
CELEBIO: Jurnal Celebes Biodiversitas is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. This permits anyone to:
Share - copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.