PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN JAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 3 BUNTU MALANGKA

Authors

  • Holmes , Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia
  • Muqtakdir Nurfalaq Syarif Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia Jl. Inspeksi Kanal Citraland no 10 Makassar
  • Muh Yunus Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia Jl. Inspeksi Kanal Citraland no 10 Makassar

DOI:

https://doi.org/10.51336/cb.v5i1.302

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan jelajah alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VII SMP Negeri 3 Buntu Malangka. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dengan tiga kali pertemuan dan siklus II dengan dua kali pertemuan. Pengumpulan data didapatkan dari hasil penilaian pre-test, post-test, dan lembar observasi. Subyek penelitian adalah 15 peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Buntu Malangka. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Untuk hasil belajar aspek kognitif peserta didik yang mencapai KKM meningkat dari persentase 42,85% menjadi 93,3%. Hasil belajar peserta didik aspek afektif pada siklus I adalah 100% kategori rendah dan pada siklus II kategori tinggi 100%. Data yang diperoleh menunjukkan indikator yang ingin dicapai telah memenuhi target yaitu ketuntasan klasikal sebesar 85%. Berdasarkan data, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik  kelas VII SMP Negeri 3 Buntu Malangka.

Kata kunci: Kooperatif Tipe Jigsaw, Jelajah Alam Sekitar, Hasil belajar

Published

2023-01-13