PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA

Authors

  • Ninah Wahyuni Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia
  • Nurul Hasanah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51336/cb.v4i2.269

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Model yang digunakan adalah model Borg and Gall,pada penelitian ini hanya digunakan 5 tahap, yaitu (1) Analisi penelitian; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan Produk Awal; (4) Uji coba dan revisi produk awal; (5) Uji coba dan revisi produk akhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar biologi berbasis problem based learning pada materi sistem pencernaan kelas XI Sekolah Menengah Atas yang bersifat valid dan praktis . Instrumen yang digunakan adalah instrumen kevalidan produk dan instrumen kepraktisan produk. Uji kevalidan produk dilakukan oleh dua validator ahli di Jurusan Biologi PMIPA STKIP-PI Makassar dengan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 4.34. Nilai tersebut masuk ke dalam kategori valid (4 ≤ Va ≤ 4,5). Uji kepraktisan produk dilakukan oleh 3 praktisi di SMA Negeri 10 Gowa dengan menunjukkan bahwa hasil respon guru terhadap bahan ajar pembelajaran termasuk dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata nilai keseluruhan yaitu 87.92% dengan melihat kategori kepraktisan 81% – 100%, dapat dinyatakan bahwa bahan ajar berbasis PBL bersifat sangat praktis jika ditinjau dari respon guru. Sedangkan hasil instrumen respon siswa terhadap bahan ajar termasuk dalam kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 94,29% dengan melihat kategori kepraktisan 81% – 100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa bahan ajar berbasis PBL ini bersifat praktis jika ditinjau dari respon siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan bersifat valid dan praktis.

Kata kunci: Pengembangan bahan ajar biologi SMA, Problem Based Learning

Downloads

Published

2021-09-08