Pengembangan Media Handout Berbasis Gambar pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi

Authors

  • Khaerati , Program Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sukmawati Syam Program Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.51336/cb.v3i2.212

Abstract

Handout merupakan bahan ajar yang berisikan ringkasan materi yang berasal dari beberapa sumber yang relevan dengan kompetensi dasar.Handout pada mata kuliah morfologi tumbuhan yang dikembangkan berisi mengenai penjelasan struktur morfologi daun, contoh tumbuhan beserta gambar dari tumbuhan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) Pra-Eksperimental dengan desain penelitian The One Group Pretest-Posttest Design Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Cokroaminoto Palopo dengan melibatkan 28 mahasiswa semester V sebagai subjek penelitian.  Hasil analisis data validasi Handout berbasis gambar yang dinilai oleh 2 validator termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai Rx = 0,66 dan 0,73. Hasil validasi angket respon mahasiswa terhadap penggunaan handout yang dinilai oleh 2 validator termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai Rx = 0,77 dan 0,78. Hasil validasi soal yang dinilai oleh 2 validator termasuk dalam kategori cukup dan tinggi dengan nilai Rx = 0,60 dan 0,70. Hasil analisis Reliabilitas handout berbasis gambar dengan derajat reliabilitas 0,743 berada pada taraf tinggi. Hasil reliabilitas angket respon mahasiswa terhadap penggunaan handout dengan derajat reliabilitas 0,819 berada pada taraf tinggi. Hasil reliabilitas soal dengan derajat reliabilitas 0,684 berada pada taraf sedang. Hasil analisis kepraktisan dengan menggunakan angket respon mahasiswa diperoleh nilai 79,46 dengan kriteria praktis. Hasil analisis kepraktisan dengan menggunakan angket keterlaksanaan pembelajaran diperoleh nilai 83 dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil analisis T-test diperoleh nilai 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa penggunan handout berbasis gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah morfologi tumbuhan

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles