Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Berbasis Media Camtasia terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cenderawasih Tahun Ajaran 2017/2018

Authors

  • Ruth megawati Program studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA,FKIP, Universitas Cenderawasih
  • Maik Akobiarek Program studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA,FKIP, Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.51336/cb.v2i2.177

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TwoStay Two Stray (TSTS) berbasis media camtasia yang diajarkan pada semester IV khusus mata kuliah ekologi hewan tahun ajaran 2017/2018. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa semester IV yang berjumlah 23 orang dan pengambilan sampel penelitian ini yaitu dengan metode sampling jenuh yaitu metode yang menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Instrument penelitian ada dua (2) yaitu tes berupa pilihan ganda, ompong  dan essay yang digunakan untuk menjaring data hasil belajar, dan lembar observasi untuk menjaring keterlaksanaan model TSTS berbasis media camtasia. Analisis data menggunakan uji statistic inferensial yaitu regresi, dan dibantu dengan aplikasi statistic SPSS versi 17.0 untuk melihat seberapa besar pengaruh model pembelajaran TSTS  berbasis media camtasia ini terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikasi 0,000 > 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa ho ditolak, dan memiliki arti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TSTS berbasis media camtasia ini terhadap hasil belajar mahasiswa semester IV program study pendidikan biologi, jurusan pendidikan MIPA,FKIP, Universitas Cenderawasih.

Kata kunci: Model Pembelajaran TSTS, Media Camtasia, dan Hasil Belajar

Downloads

Published

2019-02-02

Issue

Section

Articles