Perbandingan Hasil Belajar Biologi antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas VIII SMP Nasional Makassar
DOI:
https://doi.org/10.51336/cb.v1i2.124Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara hasil belajar Biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT dan dan model pembelajaran kooperatif Tipe GI pada siswa kelas VIII SMP Nasiponal Makassar. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain nonequivalent kelompok control. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas VIII SMP Nasional-Makassar, dengan sampel yaitu siswa kelas VIII A dan kelas VIII B SMP Nasional-Makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil uji t menunjukan bahwa; nilai thitung = 2,163> nilai Ttabel = 2,000 dari derajat kebebasan dengan kesalahan 5% .Dengan demikian dapat masudkan bahwaada perbedaan yang signifikan hasil belajar Biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipeTeams Games Tournament dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas VIII SMP Nasional Makassar.
 Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tornament(TGT),Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
CELEBIO (Jurnal Celebes Biodiversitas) is an Open Access Journal. Celebio allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
CELEBIO: Jurnal Celebes Biodiversitas is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. This permits anyone to:
Share - copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.