Penerapan Strategi Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Model Pembelajaran Kooperatif Peer Mediated Instruction And Intervention (PMII) Tipe Class Wide Peer Tutoring (CWPT) Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Program Studi Pendidikan Biologi STKIP-PI Makassar

Authors

  • Arwin Arif Prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Makassar
  • Herlina Tahir Prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.51336/cb.v1i2.121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) terintegrasi model pembelajaran kooperatif Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) Tipe Class Wide Peer Tutoring (CWPT) pada mata kuliah fisiologi tumbuhan Program studi pendidikan biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pembagunan Indonesia (STKIP-PI) Makassar.Jenis penelitian ini ádalah penelitian tindakan kelas (Classrom Action). Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan biologi yang sedang menempuh mata kuliah Fisiologi Tumbuhan pada semester genap (dua) tahun akademik 2017/2018. Prosedur Penelitian dilaksanakan melalui proses beralur terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, tes, angket dan dokumentasi.Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data hasil kinerja/prestasi mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik persentase, statistik deskriptif, dan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa untuk motivasi belajar pada siklus 1 sebesar 76,18% dan siklus 2 sebesar 85,72% menunjukkan peningkatan sebesar 9,54%. Untuk aktivitas belajar pada siklus 1 sebesar 73% dan siklus 2 78% menunjukkan peningkatan 5%. Untuk hasil belajar siklus 1 sebesar 38,09% dan siklus 2 sebesar 61,91% menunjukkan peningkatan 23,82%. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa  penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) terintegrasi model pembelajaran kooperatif Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) Tipe Class Wide Peer Tutoring (CWPT) dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar fisiologi tumbuhan mahasiswa STKIP Pembagunan Indonesia Makassar.

 Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), CWPT, PTK,Motivasi,Aktivitas dan Hasil Belajar.

Downloads

Published

2018-04-02

Issue

Section

Articles